Jumat, 04 Mei 2012

Perkampungan Bontang Koala


Satu lagi hal yang menjadi perhatian dan keindahan bumi Indonesia, yakni Bontang Koala, sebuah perkampungan unik yang terdapat di Kalimantan Timur tepatnya di Kota Bontang. Secara geografis Bontang Koala terletak di bagian timur Kota Bontang. Daerah ini menjadi perhatian dan pariwisata karena keunikan dan eksotis pemandangannya. Ya… Bontang Koala merupakan sebuah perkampungan terapung diatas air laut dan memakai bahan dasar kayu.
Perkampungan ini layaknya sebuah hunian di daratan, ada halaman, taman bunga, tempat parkir kendaraan, toko, bahkan terdapat ruangan yang menyerupai panggung hiburan. Bangunan rumah yang ada terbuat dari kayu khas Kalimantan yakni kayu Ulin yang terkenal kekuatannya. Ketika memasuki wilayah ini, Anda akan dikejutkan betapa eksotisnya bangunan kampung yang serasa mengambang diatas air laut, bahkan jalan umumnya pun terbuat dari jajaran kayu yang ditata sedemikian rupa.
Saat memasuik perkampungan ini hal yang menjadi kebanggaan adalah kebersihan dan keindahan tata ruang perkampungan ini sangatlah bagus, penataan rumah, warna, serta alur jalan sangat tertata rapi walaupun berada diatas air. Saat memasuki perkampungan ini, Anda dibuat tidak percaya kalau sebenarnya Anda berada diatas air laut.
Bontang Koala menjadi tempat pariwisata tersendiri bagi penikmat travelling. Apalagi letak tempatnya yang tidak jauh dari kawasan Industri LNG Badak yang notabene nya sebagai Objek Vital Nasional. Selain itu beberapa industri rumah tangga juga dihasilkan yakni berupa produk rumput laut, terasi, dan ikan laut. Masyarakat yang menempati perkampungan Bontang Koala menjalani kehidupan layaknya masyarakat yang berada didaratan. Mata pencaharian tetap berjalan, hiburan masyarakat juga sering diadakan, bahkan ketika sore hari banyak yang melakukan aktifitas olahraga seperti futsal, lari dan lain-lain, itu dikarenakan perkampungan ini juga membangun lapangan olahraga khusus. Masyarakat juga banyak yang mendirikan kafe atau restaurant mengingat perkampungan ini menjadi tujuan utama para wisatawan sehingga kawasan ini ramai sekali terutama menjelang malam minggu.
Menarik bukan, kehidupan di Bontang Koala.. berada diatas airlaut tetapi serasa berada didaratan. Dukungan Pemerintah setempat menjadikan perkampungan diatas air laut ini menjadi berkembang dan maju pesat sebagai salah satu tujuan wisata baik domestik maupun mancanegara

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar