Senin, 30 April 2012

Candi Muara Jambi Di Jambi


Kata candi memang lekat dengan kebudayaan Jawa. Tidak heran karena kebayakan situs candi ditemukan di tanah Jawa. Namun siapa sangka, candi tidak hanya dominasi budaya Jawa. Hal ini tercermin dari Candi Muara Jambi yang  terletak di Desa Muara Jambi Kecamatan Muara Sebo.
Candi Muara Jambi pertama kali diketahui oleh seorang perwira tentara Inggris pada masa kolonial. Pada tahun 1820, seorang perwira bernama Letnan SC Crooke ditugaskan mengunjungi pedalaman Batanghari untuk memetakan Sungai Batanghari demi kepentingan keamanan. Secara kebetulan, perwira tersebut menemukan situs candi dengan luas sekitar 12 kilometer persegi.
Kawasan Candi Muara Jambi menjadi tempat bersemayamnya candi-candi bersejarah lainnya. tercatat sekitar sembilan candi yakni Candi Kuto Mahligai, Candi Kedaton, Candi Gedong I, Candi Gedong II, Candi Gumpung, Candi Tinggi, Candi Telago Rajo, Candi Kembar Batu, dan Candi Astomo.  Selain beberapa candi tersebut, disekitaran candi juga terdapat candi-candi kecil yang menjadi bagian Candi Muara Jambi.
Tidak hanya eksotisme candi yang dapat dinikmati di kawasan Candi Muara Jambi. Masih dalam kawasan ini, terdapat Pusat Informasi Kawasan Percandian Muara Jambi yang menyimpan beberapa peninggalan Candi Muara Jambi diantaranya seperti Arca Dwarapala, Belanga dari Perunggu, Patung Gajah, Batu Kuno, tembikar, artefak perunggu, belanga logam, pecahan keramik hingga porselen kuno dari abad ke-9 sampai ke-11 masehi.
Mengunjungi Candi Muara Jambi tidaklah sulit. Kawasan Candi ini terletak di tepi Sungai Batanghari atau sekitar 25 km timur laut dari Kota Jambi. Baik jalan darat maupun sungai dapat ditempuh untuk mencapai salah satu situs bersejarah di kota Jambi ini.
Menikmati Kawasan Candi Muara Jambi memang menjadi pengalaman tersendiri. Kawasan candi yang cukup luas ini dapat dinikmati dengan menggunakan sepeda sewaan yang tersedia di kawasan candi. Saat sore menjelang, Anda pun dapat langsung menikmati pemandangan tenggelamnya matahari di Sungai Batanghari yang tidak jauh dari kawasan candi ini.
Kawasan Candi Muara Jambi memang masih menjadi misteri. Diperkirakan identitas kebudayaan lokal belum sepenuhnya terungkap di kawasan candi ini. Pemerintah setempat juga masih melakukan penelitian terhadap candi ini guna mengungkapkan warisan seni budaya Indonesia yang bersemayan di tanah Jambi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar